Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Menjaga serta melindungi kesehatan mulut yaitu hal utama yang perlu selalu kita kerjakan dengan cara teratur. Mengingat mulut juga sebagai pintu masuknya kuman serta bakteri, perihal ini pula yang bikin mulut rawan sekali tercemari serta terjangkit oleh bakteri beresiko, disamping itu fungsi gigi juga tidak kalah mempunyai fungsi utama.

Gigi yang sehat yaitu jalan untuk memperoleh pencernaan yang sehat, karena saat gigi sehat jadi makanan yang dikonsumsi bakal dilumat dengan baik yang bikin sisitem percernaan bekerja dengan baik. Untuk tersebut utama sekali melindungi kesehatan mulut serta gigi. Demikian sebaliknya, sekali saja kita lengah dalam menjaga serta melindungi kesehatan mulut, jadi beragam jenis ancaman kesehatan bakal menanti untuk menyerang serta mengakibatkan kerusakan gigi dan mulut, akhirnya sebagian penyakit bakal bersarang di mulut serta gigi.

Nah, salah satu persoalan yang seringkali nampak pada mulut yaitu bau nafas yg tidak enak, sariawan serta sakit tenggorokan. Seluruhnya ini yaitu akibatnya karena kurangnya memerhatikan kesehatan, terlebih kesehatan gigi serta mulut. Menjaga serta melindungi kesehatan gigi serta mulut tak mesti senantiasa dikerjakan dengan cara yang rumit serta bernilai mahal. Karena dengan bahan serta cara berikut ini anda akan menjaga dan melindungi kesehatan gigi serta mulut dengan simpel.


Jangan Takut Pergi ke Dokter Gigi

Sebagian besar orang merasa tabu untuk pergi ke dokter gigi dengan alasan takut di cabut gigi atau merasa 'parno' ketika harus berhadapan dengan dokter gigi. Betapapun, penting sekali untuk selalu mengkonsultasikan masalah anda pada ahlinya, agar solusi dan tindakan yang tepat bisa segera anda dapatkan. Nah, jika anda merasa cemas ketika berada diruangan dokter, alternatif lainnya anda bisa membawa alat pemutar musik kemudian cobalah untuk tenang dan santai.

Lakukan Flossing Sebelum Menyikat Gigi

Flossing adalah tindakan pembersihan gigi dengan menggunakan benang gigi untuk membersihkan gigi hingga ke sela gigi. Flossing akan membantu mengeluarkan sisa makanan yang menempel di sela gigi. Dengan demikian proses menggosok gigi akan lebih efektif dan kuman serta sisa makanan bisa dibersihkan.

Rajinlah Menggosok Gigi
Salah satu cara paling mudah dalam merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menggosok gigi. Untuk itu, biasakan untuk selalu menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari yakni satu kali di pagi hari dan satu kali saat sebelum tidur dimalam hari. Selain itu perhatikan pula cara yang benar dalam menggosok gigi, pastikan jika sisa makanan dan plak yang bersarang di gigi telah anda bersihkan.

Gunakan Obat Kumur

Penggunaan obat kumur akan bermanfaat dalam merontokan plak atau karang gigi serta sisa makanan hingga ke sela gigi dengan keseluruhan. Sempatkan waktu untuk berkumur menggunakan obat kumur agar mulut anda terasa lebih segar.

Atur Kadar Keasaman

Kadar keasamaan dari makanan dan minuman yang anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan gigi serta mulut anda. Makanan yang dapat mempengaruhi kadar keasamaan diantaranya adalah kopi, soda, cokelat bawang merah, bawang putih susu, makanan pedas dan berlemak. Untuk itu, kurangi dan atur konsumsi terhadap makanan dan minuman tersebut untuk menjaga dan merawat kesehatan mulut dan gigi.